Thursday, May 11, 2006

Renungan kemarin

Ada yang lahir dan ada yang berpulang. Ada yang mendapatkan, ada yang kehilangan. Bukankah itu hal biasa ? yah, itu memang biasa dalam hidup. Tepat setelah jawaban yang demikian, muncul lagi pertanyaan apakah akan biasa juga ketika kita yang mengalaminya ? harusnya tetap biasa.

Kemarin, ada berita duka dari seorang teman. Ayahnya dipanggil berpulang hari itu. Tidak jelas apa sebabnya. Masih hari itu juga ada berita yang kurang mengenakkan dari seorang teman yang lain, siratan dari kata2nya menunjukkan kalau dia sebentar lagi akan kehilangan pekerjaan. Duka akan tetap ada, sesal akan menyertai ketika saat-saat seperti ini. Tapi jika berlebihan apakah sesungguhnya yang demikian itu pantas? bukankah semuanya milikNya ? menyesali segala milikNya yang telah diminta kembali ?. yang biasa kita lakukan adalah mentolerir hal-hal seperti ini karena “kitaa.. jugaa.. manusia”. Tapi bukankah kita dijadikan manusia berkedudukan seperti tukang parkir(kata aa Gim). Punya banyak mobil, berganti-ganti motor, tapi seharusnya tidak sakit hati ketika yang punya mengambilnya lagi. Dan bila kita ingat lagi bahwa semua terjadi semata-mata atas kehendakNya dan hanya Dia yang mengetahui apa yang terbaik untuk umatnya, layakkah kita berburuk sangka atas kejadian yang ditimpakan kepada kita ?

Ya Muhaimin... semoga dijaga hati ini untuk tidak berburuk sangka. Buat adikku, mungkin masih ada dendam, mungkin masih ada sesal, tapi ingat kata emak "semua pasti ada hikmahnya". Jangan berputusasa atas nikmatNya. Hanya kita perlu introspeksi, mungkin ada yang salah dari kita selama ini...

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home