Tuesday, January 15, 2008

My simple mom, so sorry..

Emakku yang sederhana, beliau hanya menggadang-gadang anaknya lebih darinya yang pengen sekolah di SPG nggak kesampaian. Beliau bilang “kowe kuwi disekolahke ben ora diremehke liyan nduk” jawaban beliau suatu kali ketika aku kuatir nggak dapat pekerjaan setelah lulus STM. Kurang lebih artinya seperti ini “Kamu itu disekolahkan biar tidak dianggap remeh orang lain nduk”. Yang saya tangkep dari kalimat diatas… hanya pengharapan sederhana saja yang diharapkan beliau itu. Tapi kok ya jadinya ndak simple. Entah yang mana yang salah.. kok trus kebablasan sepertinya menurut beliau.

Didikan beliau jelas. Saya sendiri termasuk orang yang memegang banget2 doktrin pertama yang saya dengar trus habis itu susah dibelokkan lagi dari doktrin itu… halah.. untung saja emak saya ini termasuk orang yang menganut kebenaran umum dan mempunyai komitmen untuk menjalankan kebenaran umum itu. Coba kalau saya dididik di lingkungan yang ndak jelas, pasti paten ‘ketidak jelasan’ saya.

Suatu kali saya belajar nyongket, diajari emak tentunya, setelah itu mulai saya menyongket sepanjang waktu, tapi yang namanya saya bosenan, nyongket dapet separo ditinggal nyongket yang lain. Emak saya bilang “nduk.. mbok jangan dinut kebiasaanmu yang ninggal segala sesuatu tidak selesai begitu. Atau sampai tua kamu nggak akan bisa menyelesaikan segala sesuatu yang kamu mulai”. Saya pegang terus perkataan emak yang itu. Walau toh sempat fenomena itu terulang waktu saya nggarap tugas akhir di perguruan tinggi, sampai dosen bilang “hobi kok ganti judul”. Kalau sekian lama saya kelihatan nggak pernah berangkat ngaji setiap sore.. atau dapet laporan dari bu nyai langgar kalau saya ndak pernah dateng.. sudah deh beliau pasti ngomeelll terus, biasannya trus kuat-kuatan saya mendengarkan, tapi 3 hari diomelin sudah pasti saya ndak kuat lagi. Demikian juga kalau pas lebaran kok ‘ndekem’ di rumah saja. Nasihat beliaunya lagi suatu kali ‘nduk kamu itu mbok jangan ngoyo-ngoyo menjalankan segala sesuatu’ bagi saya perkataan yang ini abstrak dan saya masih bingung ditujukan ke tindakan saya yang mana, waktu itu saya duduk di bangku SMP. Setelah pesan beliau yang ini saya meninggalkan rumah karena selepas SMP saya harus sekolah di luar kota.

Alhamdulillah beliau percaya-percaya saja ke saya setelah itu. Beliau fikir juga alhamdulillah saya menamatkan STM saya mengingat beliau tidak sempat ke SPG waktu itu. Mungkin beliau fikir.. eh ini lho yang saya harapkan selama ini. Setelah itu.. alhamdulillah juga pikir beliau saya dapet kerjaan trus berhasil kuliah dan menyelesaikannya..dan ini bonus bagi beliau. Setiap kali beliau bilang Alhamdulillah. Tapi yang kemarin sepertinya Alhamdulillah itu berganti ‘lho..lho..kok ??’ ketika beliau tahu kemungkinan saya akan dikirim cukup jauh dari rumah. Beliau cuman menggereneng ke adik saya setelah kepikiran seharian “kok yo adoh men” (kok ya jauh juga ya). I’m so sorry mak.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home